[Review] Keunikan Desain serta Fitur Toyota FJ Cruiser, Mobil Off-road Gaya Retro Modern

This item was filled under [ Mana Suka ]

Toyota FJ Cruiser mulai diperkenalkan tahun 2005 dengan desain yang tangguh dari pendahulunya, Toyota FJ40. Mobil yang awalnya dikembangkan di California ini mendapat sambutan hangat dari para pencinta otomotif saat itu. Hal ini tidak lepas dari keunikan desain retro ala mobil cruiser yang populer di tahun 1980-an. Apa saja keunikan mobil yang menjadi interpretasi modern FJ40 ini? Berikut ulasannya untuk Anda.

Desain Eksterior Toyota FJ Cruiser: Konsep Gaya Retro 80-an

FJ Cruiser bisa dibilang seri Toyota yang memiliki konsep eksterior yang unik. Ide pembuatan mobil ini berasal dari product planner Toyota, Dave Danzer. Danzer membawa konsep desain FJ Cruiser awal untuk dikembangkan di pabrik NUMMI, California, Amerika Serikat. Mobil ini sengaja mengusung tema retro klasik yang sangat khas.

Toyota FJ Cruiser di medan offroad
Toyota FJ Cruiser di medan offroad

Desain mobil masih berupa gabungan konstruksi gaya Tacoma, bodi Bandeirante, dan jip berbasis FJ40 yang saat itu diproduksi pabrik Toyota di Brazil. Menariknya, desain mobil sudah menggunakan sentuhan modern berupa material plastik. Mengingat mobil zaman dahulu umumnya seluruhnya terbuat dari besi. Selain itu, kesan elegan juga bisa didapatkan dari lekukan mobil yang sangat halus dan minimalis.

Bagian Depan

Di bagian depan, Toyota FJ Cruiser menggunakan grill sedang dan headlamp berbentuk bulat. Desain depan ini mengadopsi SUV yang memiliki kesan mewah. Selain itu, terdapat front protector yang bisa memberikan kesan sporty pada mobil ini.

Bagian Samping

Bagian samping FJ Cruiser juga nampak gagah dengan sentuhan unik. Ditambah dimensinya yang besar yang mampu menopang velg berukuran 20 inci. Kelebihan tersebut membuat mobil ini cukup tangguh untuk melaju di berbagai kondisi jalan.

Bagian Belakang

Bagian belakang mobil ini sebenarnya tidak terlalu banyak menggunakan aksen khusus. Desain belakang cukup sederhana dengan high stop mount lamp di bagian pintu. Saat melihat bagian belakang mobil ini, akan mengingatkan Anda pada penyimpanan ban serep pada seri mobil zaman dahulu.

Desain Interior Toyota FJ Cruiser: Sentuhan Modern Klasik

Mobil ini menggunakan konsep eksterior gaya retron yang dibuat oleh desainer Kim Jin Won dari Korea. Sedangkan untuk desain interior, Chergosky mengambil peran penting untuk FJ Cruiser.

Face lift FJ Cruiser modifikasi via Blackxperience
Face lift FJ Cruiser modifikasi via Blackxperience

Pada dasarnya, bagian dalam mobil ini memang bukan termasuk mewah. Namun, Anda sudah bisa melihat sisi modernisasi di dalamnya cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan plastik yang cukup dominan pada bagian dalam mobil, misalnya pada bagian door trim dan dashboard. Gaya retro juga bisa dilihat pada bagian panel instrumen di dashboard mobil.

  • Desain Dashboard

Material plastik mendominasi bagian dashboard mobil ini. Tampilannya pun begitu sederhana dan tidak terlalu istimewa. Namun, bagian ini mengambil konsep dashboard mobil legendaris Cruiser yang terkenal di era 80-an.

  • Desain Stir

Desain stir mobil ini mendapat sedikit sentuhan modern. Hal ini bisa dilihat dari setir yang berbentuk lingkaran utuh yang dilengkapi tombol audio steering switch.

  • Desain Kursi

Bagian headset arm mobil sudah menggunakan material soft touch yang cukup nyaman. Meski bahan utama pada kursi masih berupa kain. Langit-langit kabin di ruang dalam mobil cukup tinggi sehingga sudah nyaman untuk ruang kepala. Namun, untuk bagian ruang kaki di bagian kursi belakang masih terbilang terbatas.

  • Bagasi Mobil

Toyota FJ Cruiser memiliki bagasi yang cukup luas sehingga mampu menampung berbagai barang keperluan Anda. Kursi di baris kedua bisa dilipat dengan mudah apabila ruang bagasi masih belum cukup.

  • Fitur Keselamatan dan Hiburan

Bagian dalam mobil ini sudah dilengkapi properti safety berupa double SRS Airbag untuk penumpang di kursi depan. Selain itu, terdapat pretensioner seatbelt yang cukup kuat sebagai alat keselamatan berkendara. Terdapat pula fitur pendukung lainnya seperti Cruise Control, Vehicle Stability Control dan pengereman ABS.

toyota fj curiser standar bawaan
toyota fj curiser standar bawaan

Untuk bagian hiburan di dalam mobil, FJ Cruiser sudah dilengkapi perangkat audio seperti radio, USB, AUX, dan Bluetooth audio.

Toyota FJ Cruiser tidak bisa lepas dari kesan klasik dan retro-modern. Hal ini karena mobil ini mengambil referensi dari mobil legendaris pada masanya, yaitu FJ40. Namun, sentuhan modern juga bisa Anda rasakan pada bagian dalam. Bagian eksterior mobil ini memang yang menjadi keunggulan utama dan sering dicari para pencinta mobil retro.