Peningkatan Ekspor Buah Diramal Perbaiki Kesejahteraan Petani

This item was filled under [ Info bisnis ]

Petani Jeruk

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto optimistis peningkatan ekspor  buah bakal meningkatkan kesejahteraan petani. Dengan demikian, sektor hortikultura diharapkan bisa menjadi salah satu pendorong peningkatan nilai tukar petani (NTP) di tengah pandemi Covid-19

Data pemerintah menunjukkan, ekspor buah periode Januari – Mei 2020 mencapai 375.000 ton. Kenaikan ini turut meningkatkan nilai tambah ekspor hingga 73, 4% dibanding periode yang sama tahun lalu. 

“Kita punya tantangan terkait nilai tukar petani di tengah pandemi ini, tetapi termitigasi oleh tanaman hortikultura, ” kata Airlangga dalam diskusi daring di Jakarta, Senin (10/8).

NTP merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kemampuan atau daya beli petani di perdesaan. Selain itu, NTP menunjukkan daya tukar dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat NTP nasional pada Juni 2020 sebesar 99, 6. Angka ini naik 0, 13% dari bulan sebelumnya yang sebesar 99, 47. Sementara jika …

Selengkapnya : Peningkatan Ekspor Buah Diramal Perbaiki Kesejahteraan Petani