Panduan Umum Cara Merakit Mesin Reverse Osmosis

This item was filled under [ Mana Suka ]

Dengan menggunakan mesin air bersistem Reverse Osmosis (RO), dapat dipastikan memperoleh air bersih yang paling berkualitas. Air RO tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan dibandingkan dengan air keran yang Anda konsumsi. Anda dapat memperoleh air saringan tersebut pada depo-depo air yang sudah menggunakan sistem RO. Akan tetapi, saat ini Anda bisa memasang sendiri mesin air RO tersebut di dalam rumah. Berikut panduan umum cara merakit mesin RO (reverse osmosis) yang dapat diterapkan saat Anda memasang mesin tersebut.

Cara Merakit Mesin RO dengan Benar dan Sederhana

Yang perlu diperhatikan sebelum memasang mesin RO, sebaiknya dipastikan pemasangan dilakukan sesudah tanki air dipasang. Tujuannya anatara lain untuk mengoksidasi air yang berasal dari tanah sebelum melakukan penyaringan. Karena air yang telah dioksidasi oleh udara, akan menghasilkan gumpalan yang nantinya akan mengendap pada dasar tanki air. Sehingga tidak akan menyebabkan penyumbatan pada sistem filter mesin RO.

Hasil Rakitan Mesin Reverse Osmosis
Hasil Rakitan Mesin Reverse Osmosis

  • Langkah pertama memasang cartridge filter dengan cara dimasukkan ke dalam housing. Terdapat tiga jenis housing yang seharusnya dipasang pada bagian tersebut. Diantaranya, housing transparan yang dipasang cartridge spoon, housing yang terletak di tengah untuk dipasang cartridge GAC, dan housing untuk dipasang cartridge CTO.
  • Panduan umum cara merakit mesin RO selanjutnya yakni menyatukan 3 housing tersebut menggunakan kerangka besi yang sudah Anda dapatkan. Untuk memasang kerangka besi tersebut, harus dilakukan secara berurutan dari housing yang berisi cartridge spoon, cartridge GAC, dan terakhir cartridge CTO.
  • Kemudian pasang membran yang sudah didapat dengan posisi yang benar pada housing yang khusus untuk bagian tersebut. Untuk karet membran letaknya harus berada pada posisi dekat dengan tutup housing membran. Lalu, tutup kembali dengan rapat pada housing membran tersebut. 
  • Untuk selang masuk air yang akan di saring atau yang berada pada tanki air dipasang pada tempat yang terletak pada housing transparan. Selang untuk mengalirkan air yang berasal dari tanki ini biasanya bisa langsung disambungkan dengan bantuan keran air.
  • Kemudian pasang dengan benar selang post carbon yang menyambungkan ke arah tanki penampungan. Untuk pemasangan selang tersebut harus dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kerusakan maupun kebocoran. 
  • Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memasang selang pengeluaran air hasil saringan pada posisi yang sudah ditentukan. Sambungkan selang tersebut pada leher keran sebagai hasil akhir penyaringan yang nantinya air tersebut langsung diminum. 


Itulah panduan umum cara merakit mesin RO yang harus Anda perhatikan. Pemasangan harus dilakukan secara benar dan tepat. Terutama untuk pemasangan selang inlet maupun outlet, jangan sampai terjadi kebocoran. Jangan lupa bersihkan membran filter secara berkala agar kotoran tidak terlalu menyumbat pada saringan mesin RO tersebut.