Jelang Akhir Jabatan, Jonan Paparkan Capaian 3 Program Andalan Jokowi

This item was filled under [ Info bisnis ]

Capaian Kinerja Kementerian ESDM

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDMIgnasius Jonan mengungkapkan sejumlah capaian sektor energi, khususnya tiga program andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu elektrifikasi seluruh daerah Indonesia, BBM Satu Harga, dan bauran energi baru dan terbarukan. Hal tersebut diungkapkan menjelang berakhirnya masa jabatan menteri Kabinet Kerja pada pekan ini.

Jonan menyatakan,  rasio elektrifikasi dalam lima tahun terakhir naik dari 85% menjadi 98, 9%. “Jadi kira-kira 14% lebih tambahannya, ” katanya di Jakarta, Senin (14/10).

Peningkatan rasio elektrifikasi ke depan memang semakin sulit karena daerahnya terpencil. Tapi Jonan berharap, sampai akhir tahun nanti rasionya bisa mencapai 99% atau 99, 1% hingga 99, 2%. “Harapan kami nanti 2020 itu selesai 100%, saudara-saudara bisa menikmati penerangan.” 

Rasio elektrifikasi dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020 memang ditargetkan mencapai 99, 9%. Hingga Juli 2019, rasio elektrifikasi telah mencapai 98, 8%. Berikut Databoks terkait rasio elektrifikasi dalam 20 tahun :

Jelang Akhir Jabatan, Jonan Paparkan Capaian 3 Program Andalan Jokowi