Ini Resiko Belanja Di Taobao Indonesia Lewat Importir

This item was filled under [ Mana Suka ]

Belanja online kini sedang diminati oleh banyak orang. Jenis produk yang menarik dan harga yang terjangkau menjadi salah satu daya tarik bagi para pembeli. Tidak hanya itu saja, belanja online juga dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan belanja langsung ke supermarket. Semakin meningkatkan orang yang menyukai belanja online membuat banyak e-commerce bermunculan. Salah satunya adalah Taobao Indonesia.

Logo Taobao di kantor pusat
Logo Taobao di kantor pusat

Sebenarnya ada banyak e-commerce yang sudah bermunculan di Indonesia. Setiap e-commerce memiliki keunggulan masing-masing. Bahkan keberadaannya bisa dibilang merupakan sebuah persaingan. Setiap e-commerce tentunya akan memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik kepada pelanggannya. Oleh karena itu, aplikasi e-commerce selalu dikembangkan dan diperbarui.

Belanja Produk di Taobao Indonesia Dengan Mudah

Kemudahan yang selalu diberikan oleh layanan belanja online menjadi salah satu keuntungan bagi pihak pembeli. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa produk yang memang menarik perhatian. Harga yang diberikan pun jauh berbeda dari beberapa penjual lainnya. Meskipun produk yang dijual sama persis.

Taobao Indonesia sebagai salah satu penyedia produk yang berkualitas juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi setiap pelanggannya. Banyak produk bermanfaat yang telah disediakan oleh Taobao. Produk tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi juga disediakan langsung dari luar negeri. Salah satunya adalah dari negara China. Sebenarnya tidak hanya China tetapi juga ada yang lainnya.

Ketersediaan produk dari luar negeri juga dilakukan oleh beberapa e-commerce lainnya. Hal ini dilakukan untuk lebih menarik perhatian para pembeli. Lebih tepatnya digunakan untuk menarik perhatian orang untuk menggunakan layan e-commerce tersebut. Jika barang yang dipesan dari luar negeri, maka anda akan melakukan sebuah kegiatan yang bernama impor.

Resiko Belanja di Taobao Indonesia Lewat Impor

Belanja online sebenarnya mudah dan lebih efektif. Namun hal tersebut sesuai dengan jangkauan tempat antara penjual dan pembeli. Jika masih berada di satu kawasan maka bisa dikatakan masih efektif. Namun berbeda halnya jika produk atau barang yang dipesan berasal dari luar ngeri. Hal tersebut bisa dibilang sangat repot. Sebab, harus melalui proses impor terlebih dahulu.

Seperti yang diketahui bahwa produk impor memang bagus namun memiliki beberapa resiko yang dapat menimbulkan beberapa kerugian pada pihak pembeli. Produk atau barang impor dapat dikatakan lebih menarik. Disamping itu banyak resiko yang perlu diwaspadai oleh beberapa pembeli.

Resiko yang pertama adalah barang ilegal atau produk tidak resmi. Terkadang tanpa disadari anda telah membeli barang ilegal atau yang lebih dikenal dengan istilah black market. Barang ilegal memang sangat mudah untuk masuk ke beberapa negara. Salah satunya adalah melalui impor. 

Resiko yang selanjutnya masih berkaitan dengan resiko yang pertama. Begitu barang yang dipesan sudah sampai maka bisa saja langsung dicekal oleh pihak berwajib atau bea cukai. Jika terdapat barang yang dicurigai atau barang selundupan maka barang tersebut akan langsung ditahan. Hal ini menjadi kerugian bagi para pembeli. Sebab, sudah melakukan transaksi namun barang tidak sampai di tempat.

Taobo.com

Resiko yang lainnya adalah waktu pengiriman yang sangat lama. Transaksi antar negara memang tidak mudah meskipun proses pembayarannya sangat mudah. Pengiriman yang sangat lama memungkinkan adanya penipuan. Hal ini menjadi kekurangan sekaligus resiko ketika belanja di Taobao melalui  impor.

 Beberapa resiko tersebut memang seringkali terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari beberapa resiko tersebut, anda harus memastikan bahwa barang yang dibeli adalah barang yang berkualitas dan legal. Anda harus pandai dalam memilih seller ketika membeli produk di Taobao Indonesia.