Yang penting coba dulu !

This item was filled under [ Paragraf ]

skak2

 

Sahabat yang mempunyai mental kuat….

“Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat”

Pernahkah Anda mengatakan kalimat pada judul diatas ?

Betulkah menurut Anda ?

Yach…. menurut saya kalimat diatas menunjukkan seseorang yang mengatakannya sedang frustasi, buntu jalan pikirannya atau bahkan sedang sama sekali tidak punya niat untuk belajar menganalisa.

Jika Anda akan mengatakan sambil berjalan dan mencoba toh bisa belajar, betul sekali bahkan ada seorang pebisnis di Indonesia meraih sukses dengan cara itu…tapi apakah setiap orang bisa seperti seorang “bob sadino” cerdik dan selalu bisa melihat peluang. Tetapi sayangnya hanya sebagian kecil saja orang yang bisa melakukannya bahkan jika kebanyakan orang lebih suka melupakan belajar dalam pekerjaannya.

Mengapa ?

Karena saking asyiknya beraktivitas yang belum tentu ada hasilnya tetapi memaksa terus saja bersemangat melakukannya, apa yang akan Anda hasilkan hanyalah harapan-harapan semu yang akan menguras tenaga, pikiran bahkan uang Anda.

Untuk menyumbang kesempatan meraih hidup yang lebih baik dan selaras, saya ingin berbagi kepada Anda agar lebih bijaksana dan terlebih dulu belajar dan menganalisa segala kemungkinan tentang apa yang akan Anda lakukan, bukankah Anda sering mendengar prinsip PDCA;

Plan atau Perencanaan 

Proses ini termasuk didalamnya sasaran dan proses yang akan dilakukan agar memberikan hasil yang sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Jadi setiap langkahnya harus Anda pikirkan dulu jangan asal coba tapi kemudian hanya GAGAL.

Sebagai contoh… Anda disuruh mengambil pisau cukur yang tidak tahu dimana tempatnya… apa yang akan Anda lakukan sekarang… bergegas mencarinya kemudian Anda acak-acak seluruh isi rumah sampai Anda menemukan pisau dapur atau gunting ? Atau Anda akan bertanya dulu dimana tempatnya ?

Jika Anda tidak berpikir panjang dan asal coba, pasti akan melakukan yang pertama dan itulah gambaran orang yang berpendirian “Yang Penting Coba Dulu”

Tetapi karena Anda adalah orang yang smart tentu akan menganalisa dulu, dimana kira-kira tempatnya, bagaimana bentuk fisiknya, apa warnanya dan lain sebagainya baru Anda mencarinya. (Analisa dapat dilakukan dengan bertanya bukan)

Do (Lakukan)

Jelas bahwa ini merupakan penerapan dari rencana yang sudah Anda lakukan sehingga dengan mudah Anda akan mengenali apa yang akan Anda lakukan. Paling tidak dari perencanaan yang Anda lakukan Anda tidak menjadi buta tuli tentang apa yang Anda kerjakan.

Apa yang akan Anda lakukan jika pisau cukur itu ada diatas lemari ?

Okey… Anda sudah mulai berpikir sekarang.

Chek ( Evaluasi )

Proses pemantauan dan evaluasi terhadap proses dan hasil yang diperoleh. Apakah proses yang dilakukan sesuai dengan rumusan rencana yang dibuat? Atau, Apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan spesikasi yang ditentukan?

Pisau cukur warna apa yang Anda dapatkan merah, kuning, atau hijau ? Bandingkan dengan apa yang diminta tadi

Act (Tindak lanjut)

Proses tindak lanjut untuk melakukan perbaikan terhadap proses yang diperlukan  agar hasil dan proses menjadi sempurna.

Modifikasi planning akan dilakukan terhadap proses yang dilakukan agar memperoleh hasil yang baik dan akan diterapkan pada proses berikutnya.

 

Metode ini diterapkan oleh orang-orang yang concern terhadap peningkatan kualitas produksi melalui proses bisnis yang sempurna.

Seperti kata pepatah “Tanpa strategi Apapun yang Anda kerjakan adalah pekerjaan yang sia-sia belaka” oleh karena itu berhati-hatilah dalam bertindak agar tidak terjerumus dalam belantara kegagalan.

Anda harus berani merubah sikap Anda mulailah sesuatu mulai dari awal yang benar. Jangan asal-asalan.

Jika Anda ingin lebih jauh belejar mungkin Anda tidak akan kehilangan banyak waktu untuk mencapai sukses Anda dibandingkan dengan orang yang hanya “yang penting coba dulu”

Pesan saya adalah : Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memilik waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan. Belajarlah mulai sekarang dan milikilah Revolusioner Strategi yang akan mengantarkan Anda meraih sukses menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Keep Spirit

Thanks to StrategiJitu.com

Leave a Comment