Work Safely and Stay aLive

This item was filled under [ Paragraf ]

Sahabat yang baik hati…

um2Dengan kebiasaan yang baik akan tersisa banyak waktu untuk memikirkan bagaimana caranya melakukan pekerjaan yang lebih baik, lebih aman, lebih produktif dan lebih memuaskan, dan oleh karenanya  kita  akan mengetahui bagaimana cara membuat kebiasaan yang dapat menguntungkan :

  • Kebiasaan yang baik mengurangi kesalahan yang membahayakan hidup
  • Kebiasaan yang baik akan membawa para pekerja melewati shift kerja tanpa tindakan yang membahayakan dan dapat menyebakan bahaya
  • Kebiasaan yang baik dapat membangun perhatian dan energi yang akan membuat pekerja waspada akan bahaya
  • Kebiasaan yang baik itu efisien, tidak makan waktu dan membuat pekerjaan jadi mudah

Kemungkinan alat yang paling balik yang dapat digunakan di industri konstruksi (paling tidak keselamatan diperhatikan)  adalah Penilaian Resiko Lapangan atau Analisa Bahaya Pekerjaan. Apapun yang Anda bilang, ini adalah alat yang membuat setiap orang berhenti dan berfikir tentang risiko yang berbeda yang berhubungan dengan pekerjaannya. Para pekerja biasanya mengumpulkan dan menulis analisa bahaya kerja dan penilaian resiko lapangan sebelum melakukan suatu pekerjaan. Latihan ini sangat mengurani jumlah dan keparahan cidera dimana alat ini dilakukan.

Prinsip penilaian resiko yang sama dapat dilakukan di lokasi kerja kita. Cukup berhenti dan lakukan 4 detik pikirkan keselamatan. Seberapa susahnya melakukan ini? Anda mungkin sudah melakukan pekerjaan tersebut ratusan kali sebelumnya. Di pikiran Anda, Anda mengetahui  bahwa Anda dapat melakukannya dengan menutup mata. Biasanya bukan pekerjaan itu sendiri tetapi beberapa hal kecil uang Anda tidak antisipasi bisa mengakibatkan kecelakaan. Anda tidak menyadari berapa berat benda yang anda disuruh untuk mengangkatnya.

Mudah untuk membayangkan aktifitas yang berbeda yang kita lakukan setiap hari dan cara pelaksanaannya. Contoh naik ke dalam forklift dan keliling mengamati lokasi kerja. Kita mengubah pemikiran kita dimana kita akan melakukan fokus di area itu, kondisi jalan, kendaraan lain dan sebagainya. Seperti inilah “reset” yang kita bicarakan.

Percaya atau tidak hanya diperlukan 4 detik untuk melakukannya. Jika 4 detik ini sudah mendarah-daging dan Anda dapat mengurangi kemungkinan cidera secara siknifikan. Jika Anda sudah membiasakan saat melakukan pekerjaan satu dengan pekerjaan lainnya, Anda akhirnya bisa cidera.

Teknik 4 detik  adalah bagian dari strategi untuk mengurangi jumlah insiden yang sangat serius bahkan cidera amputasi. Apa yang mereka temukan adalah  mereka mengetahui aturan atau prosedur untuk melakukan pekerjaan tersebut tanpa mengalami cidera tetapi tidak fokus.

Semoga bermanfaat dalam menyumbang kesempatan untuk meraih hidup yang lebih baik dan harmonis…work safely and stay alive

Leave a Comment