Tutorial Sound of Text untuk Ambil Suara dari Google Translate

This item was filled under [ Mana Suka ]

Buat kamu yang senang membuat konten di dunia online, pasti sudah tidak asing lagi dengan tools text to speech converter. Perangkat yang biasa digunakan untuk menghasilkan beragam suara dari sebuah tulisan ini mulai ramai digunakan terutama sejak berkembangnya platform konten berbasis video seperti YouTube dan Instagram.

Salah satu konverter teks ke dalam bentuk suara yang cukup populer dan dapat dipakai secara gratis adalah Sound of Text. Aplikasi yang dibuat oleh seorang developer bernama Nick Pierson kini sudah dipakai oleh ribuan orang setiap harinya. Memanfaatkan text to speech engine dari Google Translate, Nick berhasil membuat tools ini menjadi begitu powerful, bahkan dapat menghasilkan suara dari tidak kurang dari 61 negara diantaranya Indonesia, Vietnam, Spanyol, Italy, Arab, Afrika, dan bahasa-bahasa dari negara populer lainnya.

cara kerja aplikasi sound of text
cara kerja aplikasi sound of text

Cara Menggunakan Sound of Text

Sebenarnya, tidak begitu sulit untuk menggunakan tools satu ini. Anda bahkan tidak perlu daftar ataupun login untuk dapat menggunakan aplikasi Sound of Text. Untuk panduan lebih lengkapnya, silakan ikut panduan singkat berikut ini:
  1. Buka website Soundoftext.com dan pastikan tulisan yang ingin Anda ubah ke dalam suara sudah disiapkan.
    Website sound of text dan tempat menaruh tulisan yang Anda punya
    Website sound of text dan tempat menaruh tulisan yang Anda punya

  2. Copy dan paste tulisan yang ingin diubah ke dalam bentuk suara pada textbox Sound of Text yang tersedia.
  3. Tentukan bahasa apa yang ingin Anda pakai dan pilih pada menu dropdown “Voice” yang tersedia. Setelah memilih bahasa, Anda dapat menekan tombol “Submit” untuk mulai proses konversi teks ke dalam bentuk suara.
    pilih bahasa yang ingin digunakan
    pilih bahasa yang ingin digunakan

  4. Tunggu hingga muncul pilihan untuk memutar suara yang dihasilkan atau Anda bisa mengunduhn file mp3 nya secara langsung dengan tombol “Download
    Klik submit dan download suara mp3
    Klik submit dan download suara mp3

  5. Jika proses download sudah selesai, Anda dapat memutarnya lewat mp3 player favorit Anda dan cek apakah semua suara yang dihasilkan sudah sesuai atau belum. Jika ada kata yang dirasa aneh pengucapannya, Anda dapat mengedit kata-kata yang salah tersebut pada textbox yang tersedia hingga semua suara yang dihasilkan sesuai dengan pengucapan yang Anda harapkan.
Dengan adanya aplikasi seperti Sound of Text, saat ini Anda tidak perlu kesulitan lagi membuat video dalam berbagai bahasa asing seperti Inggris, Spanyol, Arab, Rusia, bahkan dalam bahasa China selama Anda memiliki tulisan dalam bahasa tersebut.
Aplikasi ini juga memudahkan Anda dalam belajar bahasa asing atau ketika Anda sedang bepergian, sehingga Anda tahu persis bagaimana cara pengucapan yang benar menggunakan aturan pengucapan bahasa setempat.