Tinjau Korban Tsunami, Presiden: BMKG Harus Beli Alat Deteksi Dini

This item was filled under [ Info bisnis ]

Presiden Jokowi di Pandeglang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk membeli peralatan deteksi dini (early warning system) gelombang tsunami. Hal ini diperlukan untuk mencegah jatuhnya korban ketika terjadi bencana serupa di masa depan.

“Ke depan, saya perintahkan BMKG untuk membeli alat-alat deteksi ‘early warning system‘ yang bisa memberikan peringatan-peringatan dini kepada masyarakat, ” kata Presiden Jokowi saat meninjau fasilitas pariwisata di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Seperti diketahui, BMKG mencatat adanya gelombang tsunami yang bersamaan dengan gelombang pasang laut akibat fenomena atmosferik bulan purnama pada Sabtu (22/12) malam. Tsunami diduga dipicu oleh longsornya lereng Gunung Anak Krakatau akibat tremor yang ditimbulkan aktivitas vulkanik.

Tsunami yang datang tiba-tiba menyebabkan masyarakat tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan evakuasi. Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban meninggal mencapai 281 orang, 1.061 orang luka-luka, 57 orang hilang, dan 11.687 orang mengungsi.

Presiden Jokowi mengatakan, tim gabungan TNI dan Polri serta BNPB …

Selengkapnya : Tinjau Korban Tsunami, Presiden: BMKG Harus Beli Alat Deteksi Dini