Tiga Catatan Panutan dari 'Pak Bersih', Mar'ie Muhammad

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sudirman Said

Innalillahi wainnailaihi rajiun.  Telah berpulang menghadap Sang Khalik, Pak Mar’ie  Muhammad, birokrat karier yang kuat dalam prinsip, pejuang pemberantasan korupsi, dan pekerja kemanusiaan yang tak kenal lelah.

Perkenalan pertama dengan Pak MM (demikian panggilan akrab beliau) adalah tahun 1993-an, ketika saya masih kuliah di Washington D.C., Amerika Serikat (AS). Seperti kebiasaan mahasiswa di sana, setiap ada tokoh nasional berkunjung ke DC selalu saja ditanggap.  Mas Bambang Harimurti (wartawan Tempo) dan saya menjadi organizer diiskusi-diskusi itu, karena bisa menggunakan fasilitas National Press Club, tempat kantor Tempo Biro Washington DC. 

Karena padatnya kegiatan Pak MM, diskusi tak jadi dilaksanakan. Saya hanya mengenalkan diri sebagai pegawai negeri di Kementerian Keuangan (waktu berangkat status saya dosen STAN yang dibiyai oleh pijaman Bank Dunia).

Oleh berbagai kegiatan aktivisme menjelang pergantian rezim Orde Baru ke Orde Reformasi kami dipertemukan kembali, setelah saya kembali ke Indonesia akhir 1994. Peristiwa penembakan Trisakti dan Semanggi memicu kehangatan politik, yang …

Selengkapnya : Tiga Catatan Panutan dari ‘Pak Bersih’, Mar’ie Muhammad