Tak Laku, Pertamina Alokasikan Gas Simenggaris ke Kilang Cilacap

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertamina

PT Pertamina (Persero) berencana untuk mengalokasikan 25 juta kaki kubik per hari (mmcsfd) gas dari Blok Simenggaris di Kalimantan Timur untuk kebutuhan di Kilang Cilacap, Jawa Tengah. Ini dilakukan lantaran Pertamina masih kesulitan menemukan pembeli gas tersebut. 

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan saat ini pihaknya masih membahas alokasi gas ke Kilang Cilacap itu. “Masih proses diskusi teknis dan komersial, ” kata dia kepada Katadata, Kamis (9/2).

Pada awalnya, alokasi gas tersebut akan dijual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk kebutuhan pembangkit listriknya. Namun, karena tidak mencapai kesepakatan harga, PLN pun tidak jadi menyerap gasnya. (Baca: Belasan Blok Migas Belum Bisa Mengalirkan Gasnya)

PLN keberatan dengan harga hulu sebesar US$ 5, 68 per per juta british thermal unit (mmbtu) dengan eskalasi 3 persen per tahun. Harga tersebut sesuai dengan keekonomian dan proposal pengembangan lapangan (Plan of Development/PoD) blok Simenggaris. “Karena harga …

Selengkapnya : Tak Laku, Pertamina Alokasikan Gas Simenggaris ke Kilang Cilacap