Sudah Terbaikkah Yang Kita Lakukan ?

This item was filled under [ Motivasi ]

to be the best

Sahabat yang baik…

Orang bijak mengatakan bahwa “Hidup Adalah Perjuangan”

Kita hidup didunia ini bukan hanya sekedar lahir, besar/dewasa, tua dan kemudian tiada, bayak sekali kisah perjalanan hidup yang kita lakoni, mulai dari bayi yang lemah tidak bisa berbuat banyak, tumbuh menjadi kanak-kanak kemudian remaja yang mulai belajar bertanggung jawab terhadap konsekwensi setiap tindakannya dalam perjalanan pencarian jati diri seseorang yang bernama “manusia dewasa”. Liku-liku perjalanan hidup yang telah Anda lalui tentu meninggalkan kenangan dan pengalaman menuju perubahan yang lebih baik, tanpa Anda sadari apa yang telah Anda lakukan sebenarnya adalah sebuah fakta PERJUANGAN Anda hingga pada kondisi seperti apa sekarang Anda berada.

Okey…… Sudah dalam kondisi terbaikkah Anda saat ini ? Sudah terbaikah yang Anda lakukan sampai hari ini ? dan untuk apa Anda bekerja hari ini ?

Saya yakin, banyak yang telah Anda kerjakan sampai hari ini bahkan mungkin Anda sudah memeras otak mencoba berbagai macam ide, mencari peluang kesana-sini untuk menjadi yang terbaik  menjadi yang terbaik di dunia ini. Bahkan sejak Anda ditakdirkan untuk lahirpun, sebenarnya Anda sudah  berjuang mengalahkan jutaan kompetitor Anda lainnya untuk lahir kedunia ini.

Ya, Anda ingat pelajaran biologi di bangku sekolah bukan? Saat proses pembuahan didalam rahim seorang ibu, hanya ada 1 sperma diantara jutaan sperma lainnnya , yang layak dan pantas untuk disebut sebagai terbaik dalam hidup ini. Dan itu adalah Pribadi Anda.

Sehingga, jika pada hari ini Anda merasa bahwa tidak ada artinya hidup, Anda selalu kalah, atau merasa tersisih di dalam lingkungan sosial Anda kekurangan dalam kondisi financial. Bangkitlah dan buktikan kepada mereka bahwa Anda dilahirkan untuk menjadi juara. Buktikan bahwa Anda lahir didunia ini bukan untuk yang kalah dan sia-sia belaka, akan tetapi menanggung harapan dari jutaan pesaing Anda yang ingin hadir di dunia juga. Jika Anda hari ini ada kekurangan , atau mungkin cacat fisik, katakan bahwa semua itu bukanlah penghalang Anda untuk melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik.

Lalu, jika ingin menjadi yang terbaik, apa yang seharusnya kita lakukan?
Ciptakan perubahan menjadi Lebih Baik!

Jangan selalu menunggu orang lain, karena siapa yang lebih cepat melakukannya akan lebih dulu menjadi yang terbaik. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu untuk melakukan langkah yang terbaik menuju perubahan menjadi lebih baik :

  1. Do your best, whatever happens will be for the best!  Artinya Lakukan yang terbaik, apapun yang terjadi akan menjadi yang terbaik! Dengan kata lain bahwa semua tugas dan pekerjaan harus dilakukan dan diselesaikan semaksimal mungkin, bukan hanya terus menunggu dan berharap. Lakukan semuanya dengan tujuan untuk selalu mendapatkan hasil “terbaik”  yang bisa kita capai! Sehingga Anda akan mengetahui untuk apa Anda bekerja hari ini.
  2. Mulai buat jaringan seluas-luasnya.  Anda harus mengetahui rumus ini, kalau tidak Anda tidak akan pernah berkembang dalam hal apapun. Ini adalah rumus alam dimana dengan banyak mengenal orang, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah. Seseorang yang kelihatannya sederhana bisa jadi menyimpan kedalaman ilmu yang tidak kita duga! Oleh karena itu, alangkah bijak jika kita berani menjadikan ‘setiap orang adalah guru’ dan kehidupan  kita ini adalah sebagai sekolahnya.
  3. Berusahalah selalu untuk bersikap proaktif. Tidak menunggu sesuatu yang seharusnya Anda sudah lakukan. Karena sikap ini sangat diperlukan jika ingin mendapatkan kesempatan yang lebih luas dan cepat dalam berbagai macam hal! 
  4. Bersikaplah Fleksibel. Cobalah untuk memahami suatu hal dari berbagai sudut pandang. Janganlah  hanya terpaku pada satu cara, yang bisa jadi tidak lagi relevan kita gunakan. Banyak orang yang lebih banyak gagal hanya karena tidak mau memiliki sikap ini, enggan menerima pendapat orang lain. Yakinlah bahwa dengan bersikap fleksibel, wawasan kita akan semakin bertambah. Cobalah belajar bersikap fleksibel dari hal yang Anda anggap bukan hal yang penting dalam diri Anda.

Pelajaran penting yang harus selalu diingat  adalah :  bahwa  Kitalah yang memutuskan untuk menjadi yang terbaik dan  Kitalah yang menentukan langkah terbaik untuk menjadi Juara, bukan orang lain!

Jika pilihan terbaik tidak pernah kita ambil, maka orang lain akan mengambil pilihan tersebut. Dan, kita akhirnya hanya akan menyaksikan kesuksesan mereka, tanpa pernah kita merasakannya…Bukankah Anda tidak berharap demikian?

Jika memang tidak, tentukan … MULAI HARI INI…. Jangan terus menunggu! Lanjutkan Perjuangan Hidup Anda dengan tindakan  yang terbaik.

Salam sukses untuk sahabat Komunitas Sempulur.

Special thanks to Yunedi,ST

 

Leave a Comment