Subsidi Dicabut, Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Dinaikkan 3 Kali

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLN listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan segera mencabut subsidi listrik untuk kelompok pelanggan daya 900 Volt Ampere (VA). Selanjutnya, pemerintah dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan menaikkan tarif listrik golongan tersebut dalam tiga bertahap. Sebab, pelanggan daya 900 VA dianggap tidak termasuk golongan miskin dan rentan miskin. 

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan, terdapat sekitar 22, 9 juta pelanggan golongan 900 VA. Namun, hanya sebanyak 4, 1 juta yang termasuk golongan miskin dan rentan miskin. Jadi, sisanya yakni sebanyak 18, 8 juta pelanggan itulah yang subsidinya akan dicabut secara bertahap.

Pencabutan subsidi ini akan dimulai awal tahun depan, dengan mekanisme kenaikan sebanyak tiga kali selama tahun 2017. Setelah itu, tarif pelanggan kelompok 900 VA ini baru mengikuti skema penyesuaian tarif seperti golongan 1.300 VA ke atas.

(Baca: Rupiah dan Minyak, Penyebab Kenaikan Tarif Listrik Oktober)

Jarman mengatakan, setiap kali kenaikan tersebut akan bertambah biaya tarif dasar listrik yang harus ditanggung pelanggan sebesar 32 …

Selengkapnya : Subsidi Dicabut, Tarif Listrik Pelanggan 900 VA Dinaikkan 3 Kali