Sri Mulyani Pantau Risiko Buntunya Negosiasi dengan Freeport

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih memantau perkembangan proses negosiasi pemerintah dengan PT Freeport Indonesia, terkait perubahan status kontrak dan kelangsungan usahanya. Proses negosiasi tersebut dilakukan melalui Menteri energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Karena itu, dia enggan membahas risiko buntunya proses negosiasi tersebut, termasuk mengalokasikan cadangan dana untuk menangani berbagai dampaknya. Setelah mengetahui perkembangannya, barulah Sri Mulyani akan membahas rencana-rencana penangannya. “Nanti saya lihat dulu bersama Menteri ESDM mengenai progress dari negosiasi, ” ujar dia di kantornya, Jakarta, Kamis (2/3). 

Seperti diketahui, saat ini, pemerintah melalui Kementerian ESDM tengah bernegosiasi dengan Freeport. Negosiasi dilakukan lantaran Freeport tidak mau menerima kebijakan pemerintah, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2017. (Baca juga: Ungkap Pelanggaran Freeport, Peradi Dukung Pemerintah ke Arbitrase)

Peraturan anyar itu memberikan kesempatan kepada perusahaan tambang untuk tetap mengekspor mineral mentah (konsentrat) meski belum melakukan pemurnian di dalam negeri dengan …

Selengkapnya : Sri Mulyani Pantau Risiko Buntunya Negosiasi dengan Freeport