Situs Berita Hoax, Mesin Pencetak Uang dan Kegaduhan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Ponsel internet

Belakangan ini, banyak informasi dan situs berita palsu atau hoax bermunculan. Penyebarannya pun semakin masif melalui media sosial. Fenomena tersebut berlangsung di berbagai negara, termasuk di Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, seiring momen pemilihan pemimpin. Efeknya bisa memicu gonjang-ganjing momen politik tersebut hingga penghasilan miliaran rupiah.

Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) mengidentifikasi setidaknya ada sekitar 20 situs penyebar berita palsu yang masih beroperasi saat ini. Situs-situs berita palsu itu biasanya dilatari oleh dua jenis kepentingan, yaitu motif ekonomi untuk meraup uang dan motif politik.

Dengan berita palsu nan sensasional untuk mengundang pembaca, situs-situs itu berharap memanen trafik para pengunjungnya. Selanjutnya, pendapatan mengalir masuk dari pemasang iklan.

Saptiaji Eko Nugroho, inisiator MAFINDO menjelaskan, satu konten berita palsu yang tayang 1.000 kali akan dibayar US$ 1 atau US$ 0, 04 per klik. “Jadi kalau ada satu artikel viral meskipun hoax atau provokasi, yang diakses hingga 100 ribu kali, bisa mendapat US$ 100, …

Selengkapnya : Situs Berita Hoax, Mesin Pencetak Uang dan Kegaduhan