Shell Ingin Kalahkan Exxon sebagai Perusahaan Minyak Nomor Satu

This item was filled under [ Info bisnis ]

SPBU Shell Cikini

Chief Executive Officer Royal Dutch Shell Plc. Ben Van Beurden menyampaikan ambisinya untuk mengalahkan Exxon Mobil Corp. sebagai perusahaan minyak terbesar di dunia. “Saya ingin menghadirkan investasi berkelas dunia untuk Shell dan para pemegang saham perusahaan kami, ” ujar Van Beurden seperti dikutip Bloomberg, Rabu, 15 Juni 2016. 

Van Beurden diprediksi mampu menarik banyak investor setelah Shell melakukan akuisisi terhadap perusahaan minyak dan gas bumi asal Inggris, BG Group Plc. Dengan akuisisi senilai US$ 54 miliar ini, Shell sudah menyaingi Exxon dalam hal pembagian dividen serta buyback saham, setelah tertinggal selama lima tahun terakhir. (Baca: Shell Hengkang dari 10 Negara untuk Tekan Pengeluaran).

Meski demikian, perusahaan asal Belanda ini masih harus menghadapi pesaingnya dari Amerika Serikat tersebut dalam hal pengembalian modal, aset serta arus kas. “Dalam 15 hingga 20 tahun terakhir, Shell telah tertinggal dari Exxon, dan Van Beurden ingin membawa kembali Shell ke masa …

Selengkapnya : Shell Ingin Kalahkan Exxon sebagai Perusahaan Minyak Nomor Satu