Setelah 17 Tahun, BlackBerry Berhenti Produksi Ponsel

This item was filled under [ Info bisnis ]

Blackberry smartphone

BlackBerry Ltd. akhirnya memutuskan tidak lagi memproduksi perangkat ponsel pintar (smartphone). Padahal, perusahaan asal Kanada ini sempat menjadi ikon dan pionir smartphone sejak 17 tahun silam.

Keputusan penting itu disampaikan oleh Chief Executive Officer BlackBerry John Chen, setelah memangku jabatan itu selama hampir tiga tahun. Ia sebelumnya sudah menyerahkan sejumlah kegiatan produksi ponsel kepada  Foxconn Technology Group. Pertimbangannya, BlackBerry dinilai akan lebih mudah  meraih keuntungan secara konsisten dengan melepaskan bisnis  ponsel pintarnya.

“Pasar berbicara dan saya mendengarkan, ” kata Chen dalam diskusi  dengan wartawan, seperti dilansir Bloomberg, Rabu (28/9). Ia menyatakan kekuatan BlackBerry yang sebenarnya terletak pada piranti lunak (software), perusahaan, dan keamanan. (Baca: BlackBerry Gandeng Emtek untuk Konten Digital Ekslusif)

Setelah dalam beberapa tahun terakhir berusaha bersaing, manajemen BlackBerry harus mengakui kekalahannya dari Apple  Inc. yang membesut smartphone iPhone dan Samsung Electronics Co. yang mengusung Android. Kini, BlackBerry menyerahkan  produksi ponsel kepada para mitranya di luar negeri dan fokus kepada bisnis yang lebih menguntungkan …

Selengkapnya : Setelah 17 Tahun, BlackBerry Berhenti Produksi Ponsel