Sepekan Efek Trump, BI: Rp 16 Triliun Keluar dari Indonesia

This item was filled under [ Info bisnis ]

Dolar Amerika Serikat

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat (AS) telah berdampak negatif secara jangka pendek terhadap Indonesia. Bank Indonesia (BI) mencatat, dana asing yang keluar dari Indonesia mencapai Rp 16 triliun dalam tempo sepekan perdagangan, yaitu 9 sampai 14 November lalu pasca terpilihnya Trump.      

Gubernur BI Agus Martowardojo menduga, keputusan investor asing menarik dananya dari pasar keuangan Indonesia lantaran ingin mengambil untung di akhir tahun. Ia pun meramalkan dana-dana tersebut bakal kembali masuk pada awal 2017 mendatang. Hal itu seiring dengan membaiknya fundamental ekonomi di dalam negeri. 

Optimisme Agus tersebut juga didasari oleh aliran masuk dana asing yang telah menembus Rp 100 triliun sejak awal tahun ini. “Meski sempat keluar, sejak awal tahun dana asing yang masuk mencapai Rp 133 triliun, ” katanya di Jakarta, Jumat (18/11).

Sekadar catatan, pasca kemenangan Trump, pasar modal dan obligasi global mengalami gejolak, termasuk di Indonesia. Puncaknya terjadi pada Jumat (11/11) pekan lalu. …

Selengkapnya : Sepekan Efek Trump, BI: Rp 16 Triliun Keluar dari Indonesia