Sembilan Kesepakatan Menaker Se-ASEAN Hadapi Pekerjaan Masa Depan

This item was filled under [ Info bisnis ]

Kemnaker

Singapura — Pertemuan Menteri-menteri Tenaga Kerja di kawasan ASEAN menyepakati sembilan langkah untuk mengantisipasi perubahan pekerjaan di masa depan (Future of Work).

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyatakan hal ini usai menghadiri pertemuan Menteri-menteri Tenaga Kerja di Singapura, Senin (29/4/2019).

“Langkah pertama adalah memperkuat kapasitas lembaga-lembaga publik dan swasta untuk mempersiapkan tenaga kerja melalui program skilling, upskilling, dan reskilling dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, ” kata Menteri Hanif.

Kedua, lanjut Hanif, dengan meningkatkan partisipasi perempuan, difabel, dan lansia ke pekerjaan yang layak. Yaitu dengan mengadopsi kebijakan, inisiatif, dan pelatihan keterampilan teknologi dan platform digital.

“Ketiga, mendorong dan mendukung upaya bisnis, termasuk usaha mikro, kecil dan menengah untuk berinvestasi dalam pekerjaan yang layak sesuai dengan standar internasional, ” lanjut Hanif. Hal tersebut demi meningkatkan kuantitas dan kualitas pekerjaan.

Hanif menambahkan, langkah keempat adalah menerapkan kebijakan¬† yang responsif untuk …

Selengkapnya : Sembilan Kesepakatan Menaker Se-ASEAN Hadapi Pekerjaan Masa Depan