Risiko Arus Keluar Modal Asing di Akhir Tahun Perlu Diwaspadai

This item was filled under [ Info bisnis ]

rupiah dolar arief.jpg

Risiko arus keluar modal asing (capital outflow) masih membayangi pasar keuangan di Indonesia pada akhir tahun ini. Salah satu penyebabnya adalah investor asing sudah membukukan keuntungan saat gejolak terjadi di pasar surat utang pada November ini. Meski begitu, fundamental ekonomi Indonesia saat ini dinilai jauh lebih baik dibanding 2013 silam.

Ekonom Development Bank of Singapore (DBS) Gundy Cahyadi mengatakan, turunnya imbal hasil (yield) obligasi jadi indikator adanya investor yang sudah meraup untung. “Imbal hasil sudah membaik baru-baru ini, yang menunjukkan bahwa beberapa investor bisa saja telah membukukan keuntungan sebelum akhir tahun, ” kata Gundy dalam laporan yang diterima Katadata, akhir pekan lalu.

Risiko tersebut, menurut dia, perlu diwaspadai pemerintah mengingat besarnya kepemilikan investor asing di Surat Berharga Negara (SBN). Ia pun mengingatkan kondisi 2013 di mana aksi jual mencapai 20 persen dari total aliran dana masuk sejak 2009-2013. (Baca juga: Sepekan Efek Trump, BI: Rp 16 Triliun Keluar dari Indonesia)

Aksi jual …

Selengkapnya : Risiko Arus Keluar Modal Asing di Akhir Tahun Perlu Diwaspadai