Revisi Rencana Listrik, PLN Tambah 4.000 MW PLTU Mulut Tambang

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLTU batubara

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menyerahkan revisi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) periode 2017-2026 kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dalam revisi tersebut, PLN menambahkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang sebesar 4.000 Megawatt (MW).

Direktur Pengadaan PLN Supangkat Iwan Santoso mengatakan, seluruh pembangkit baru di Sumatera dan Kalimantan akan dialihkan menjadi PLTU mulut tambang. Perinciannya, di Sumatera kemungkinan akan ada penambahan sekitar 2.500 MW, sedangkan di Kalimantan sebesar 1.500 MW.

Jadi, total penambahan kapasitas pembangkit mulut tambang di Sumatera dan Kalimantan sebesar 4.000 MW.  Iwan berharap, PLN mendapatkan kepastian persetujuan revisi RUPTL itu pada Juni mendatang sehingga dapat melakukan kontrak dengan kontraktor listrik swasta atau Independent Power Producer (IPP). 

(Baca: Pemerintah Bikin Formula Baru Tarif Pembangkit Batu Bara)

Iwan juga membuka kemungkinan skema pemilihan mitra proyek tersebut. “Yang (pembangkit) mulut tambang bisa melalui pelelangan terbatas atau penunjukan, ” ujarnya di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat (17/3).

Ia mengaku sudah ada …

Selengkapnya : Revisi Rencana Listrik, PLN Tambah 4.000 MW PLTU Mulut Tambang