Rekor Denda, Exxon Terancam Bayar Rp 960 Triliun ke Negara Chad

This item was filled under [ Info bisnis ]

ExxonMobil

Exxon Mobil Corp. tengah menghadapi tuntutan denda bernilai jumbo US$ 74 miliar atau sekitar Rp 960 triliun dari Pemerintah Chad. Nilai denda tersebut hampir sama dengan enam kali lipat dari produk domestik bruto (PDB) negara di Afrika Tengah itu, yang ditaksir Bank Dunia sebesar US$ 13 miliar. 

Pengadilan tinggi di Ibukota N’Djamena, Chad, mengumumkan keputusan tersebut pada 5 Oktober lalu. Pengadilan mengeluarkan putusan tersebut setelah Kementerian Keuangan Chad melaporkan kekurangan pembayaran pajak oleh Exxon. Perusahaan minyak asal Amerika Serikat ini juga dinilai kurang membayar setoran royalti selama 15 tahun melakukan pengeboran.

Selain dituntut denda US$ 74 miliar, Exxon juga diwajibkan membayar tunggakan royalti sebesar US$ 819 juta. Jika keputusan itu tidak berubah maka denda yang dibayarkan Exxon merupakan yang terbesar di industri migas dunia. Sebelumnya, BP Plc. harus membayar denda sebesar US$ 61.6 miliar menyusul tragedi “Deepwater Horizon” tahun 2010 yang menewaskan 11 pekerja rig serta mencemari Teluk Meksiko selama berbulan bulan.

Nilai denda yang dikenakan pengadilan Chad itu juga 70 kali lebih …

Selengkapnya : Rekor Denda, Exxon Terancam Bayar Rp 960 Triliun ke Negara Chad