Reformasi Hukum, Jokowi Komitmen Berantas Pungli

This item was filled under [ Info bisnis ]

Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pemerintah berkomitmen melakukan reformasi hukum secara menyeluruh. Ini dilakukan untuk melindungi dan memberi keadilan. Hari ini dia mengumpulkan jajaran kabinetnya untuk membicarakan komitmen pemerintah mewujudkan kepastian hukum di Indonesia.

“Hukum masih dirasa cenderung tajam dan runcing ke bawah, tapi tumpul ke atas. Dalam indeks persepsi korupsi dunia tahun 2015, kita masih di urutan 88. Begitu pula dalam indeks rule of law 2015, kita di peringkat 52, ” ujarnya saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/10).

Kepastian hukum merupakan suatu keharusan bagi setiap negara agar mampu bersaing di tingkat regional. Jokowi mengatakan jika ketidakpastian hukum ini dibiarkan, bisa memunculkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap hukum dan institusi penegak hukumnya.

(Baca: KPK dan Auditor Perlu Awasi Pengalihan Pembayaran Proyek)

Jokowi kemudian menginstruksikan tiga hal kepada jajarannya dalam melakukan reformasi hukum secara besar-besaran. Pertama, penataan regulasi untuk menghasilkan regulasi hukum …

Selengkapnya : Reformasi Hukum, Jokowi Komitmen Berantas Pungli