Rapor 2016 Pemimpin Asia, Jokowi Mencetak Nilai Biru

This item was filled under [ Info bisnis ]

Jokowi Pertemuan Tahunan BI

Di tengah kondisi perlambatan ekonomi global tahun ini, masyarakat Indonesia selayaknya masih bisa bersyukur. Sejumlah indikator ekonomi hingga penutupan 2016 menunjukkan posisi Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara-negara lain, terutama di kawasan Asia.

Pada penutupan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (30/12) kemarin, indeks harga saham gabungan (IHSG) mencapai 5.296, 711. Posisi ini lebih tinggi 15, 32 persen dari setahun lalu. Pertumbuhan IHSG di atas berbagai indeks bursa saham di beberapa negara utama kawasan Asia.

Indeks Kospi di bursa Korea cuma tumbuh 3, 3 persen tahun ini, sedangkan indeks Nikkei di Jepang hanya naik 0, 42 persen. Nasib lebih mengenaskan menimpa indeks bursa saham di Singapura yang turun 0, 07 persen. Bahkan, indeks bursa saham di Malaysia tergerus 3 persen dan di India susut 2, 9 persen.

IHSG cuma kalah dengan indeks saham di Thailand yang sepanjang 2016 tumbuh 19, 8 persen. (Baca juga: Rapor 2016 Pemimpin Asia, Jokowi Mencetak Nilai Biru