Rambu-Rambu Perusahaan Startup agar Bernapas Panjang

This item was filled under [ Info bisnis ]

Bos digital startup

Daftar perusahaan perintis (startup) di Indonesia yang rontok di tengah jalan bertambah panjang. Setelah startup layanan pembelian dan pengantaran makanan Foodpanda menutup bisnisnya Senin lalu (3/10), YesBoss juga berencana menghentikan layanan asisten virtualnya mulai akhir Oktober nanti. Padahal, Foodpanda bernaung di bawah Rocket Internet, perusahaan peternak startup internasional, dengan permodalan kuat dan sudah beroperasi beberapa tahun.

Sejak awal tahun ini, juga ada beberapa startup yang menyerah dan menutup usahanya. Antara lain HaloDiana, Shopious, Ensogo, dan Rakuten. Sedangkan tahun lalu, seperti diberitakan Tech in Asia, setidaknya ada tujuh startup yang berhenti beroperasi. Jika ditilik lebih jauh, beberapa startup itu sudah beroperasi lebih dari tiga tahun, didukung pemodal kuat, dan jaringan internasional, seperti Rakuten dan Foodpanda.

Namun, ketersediaan modal — yang selama ini dianggap sebagai isu utama bagi perusahaan perintis untuk mulai naik kelas– ternyata bukan jaminan untuk melanggengkan bisnisnya. Pengajar mata kuliah Business Financing di Prasetiya Mulya Business School, Nico Fernando Samad, …

Selengkapnya : Rambu-Rambu Perusahaan Startup agar Bernapas Panjang