Proyek Masela Mundur, Rizal Ramli Minta Inpex Tak Setir Negara

This item was filled under [ Info bisnis ]

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli

Rencana pengembangan Blok Masela terancam memakan waktu lebih lama lantaran Presiden Joko Widodo memutuskan skema pengolahan gas alam di darat (onshore). Inpex Corporation selaku kontraktor blok kaya gas di Laut Arafura itu pun disebut-sebut baru akan mengajukan revisi proposal rencana pengembangan atau plan of development (PoD) pada Juni 2019. Hal ini memicu reaksi penolakan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Ia menilai,  rencana pengajuan revisi proposal PoD Blok Masela tiga tahun lagi hanyalah keinginan sepihak dari Inpex. Padahal, perusahaan asal Jepang tersebut tidak bisa mengatur jadwal pengembangan Proyek Masela tanpa persetujuan pemerintah. “(Jadwal) itu kan maunya Inpex. Kita kan ingin supaya pembangunan ekonomi kita ini di-drive (disetir) oleh negara, ” kata Rizal seusai rapat koordinasi pembentukan Komite Gabungan untuk Percepatan Pembangunan Blok Masela yang melibatkan beberapa kementerian terkait, di Jakarta, Rabu (11/5).  

Ia mencontohkan komitmen Presiden dalam kasus reklamasi di Teluk Jakarta, yang harus dikendalikan oleh negara. Meski tetap mengakomodasi kepentingan semua pihak, …

Selengkapnya : Proyek Masela Mundur, Rizal Ramli Minta Inpex Tak Setir Negara