Produksi Minyak Cina Sentuh Level Terendah dalam 15 Tahun

This item was filled under [ Info bisnis ]

Kilang minyak

Produksi minyak mentah Cina merosot ke level terendah dalam 15 tahun terakhir.  Penyebabnya adalah penerapan strategi organisasi negara-negara pengekspor minyak (OPEC) yang membanjiri pasar dunia dengan pasokan minyak mentah.

“Ini indikator penting yang menunjukkan pasar minyak dunia sedang menemukan keseimbangannya kembali, ” kata analis dari kantor konsultan industri Energy Aspects Ltd., Michal Meidan, seperti dikutip Bloomberg, Senin (13/6). (Baca: Permintaan Naik, Saudi Aramco Kerek Harga Minyak di Pasar Asia)

Sementara itu, Kepala Riset Migas Nomura Holdings Inc. untuk kawasan Asia, Gordon Kwan menjelaskan, rendahnya produksi domestik Cina akibat pemotongan belanja para produsen minyak di tengah rendahnya harga. Pada Maret lalu, produsen minyak terbesar Cina, yaitu PetroChina Co., memprediksi penurunan produksi migas terbesar dalam 17 tahun terakhir setelah perusahaan ini menutup beberapa lapangan yang tidak menguntungkan.

Sedangkan raksasa minyak Cina lainnya, CNOOC Ltd., memperkirakan produksi minyak anjlok hingga 5, 2 persen tahun ini. “Artinya, Cina akan lebih …

Selengkapnya : Produksi Minyak Cina Sentuh Level Terendah dalam 15 Tahun