Prancis Buru Pajak Google dan McDonald's

This item was filled under [ Info bisnis ]

Joko Widodo

Prancis melakukan berbagai upaya agar sejumlah perusahaan seperti Google dan McDonald’s membayar pajak. Hal ini disampaikan menteri keuangan negara tersebut, Michail Sapin. Kepolisian setempat menggerebek kantor kedua perusahaan itu atas dugaan penghindaran pajak. Pemerintah Prancis yakin Google berutang US$ 1, 8 miliar dalam pembayaran pajak.

Kepada para wartawan dari Reuters dan harian Eropa lainnya, Sapin menyatakan menolak kesepakatan apapun dengan Google untuk menghentikan kasus tersebut. Ia menyebut Prancis tidak akan bernegosiasi dengan Google dan akan terus menaati hukum.

“Kami tidak akan membuat kesepakatan seperti yang dilakukan Inggris. Kami menegakkan hukum yang ada, ” ujar Sapin seperti dilansir CNN, Selasa, 31 Mei 2016. (Baca: Pengakuan Pembocor Sumber Panama Papers).

Sapin mengeluarkan pernyataan ini setelah Google setuju membayar US$ 190 juta sebagai ganti atas tunggakan pajak di Inggris pada Januari, setelah adanya audit dari kantor pajak setempat. Kesepakatan ini pun menuai kritik. Banyak yang menanggap Google menerima terlalu banyak …

Selengkapnya : Prancis Buru Pajak Google dan McDonald’s