PPATK Temukan Modus Transaksi dalam Panama Papers

This item was filled under [ Info bisnis ]

Panama Papers

Banjir data yang bersumber dari Panama Papers menjadi perhatian serius pemeritah. Bahkan, jauh sebelum bocoran informasi dari kantor firma hukum Mossack Fonseca,  Panama yang dirilis International Consortium of Investigative Journalists pada Senin awal pekan ini, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menelisik sejumlah nama yang muncul dalam dokumen tersebut.

Wakil Kepala PPATK Agus Santoso mengatakan lembaganya sudah mulai meneiliti nama-nama tersebut terutama yang terkait temuan Laporan Transaksi Keuangan Mencurigakan. Selain itu, juga yang berhubungan dengan data Laporan Hasil Analisis PPATK. (Baca: Heboh Panama Papers Mengguncang Berbagai Negara).

“PPATK sudah tahu bahwa Panama, British Virgin Island, dan CI adalah tax haven dan sudah pernah menemukan modus transaksi ke Panama, ” kata Agus kepada Katadata, Rabu, 6 April 2016. Sayang, Agus tak menjelaskan lebih jauh bagaimana modus yang digunakan oleh perusahaan atau warga Indonesia yang membuka kantor atau rekening di negara suaka pajak (tax haven) tersebut.

Yang pasti, dalam penelusuran …

Selengkapnya : PPATK Temukan Modus Transaksi dalam Panama Papers