PPATK Minta Dilibatkan dalam Proses Seleksi Anggota BPK

This item was filled under [ Info bisnis ]

Diskusi Panama Papers

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) meminta dilibatkan dalam proses pemilihan petinggi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Menurut Wakil Kepala PPATK Agus Santoso, selama ini Komisi Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat tak pernah melibatkan institusinya. Padahal, PPATK bisa membantu dalam memastikan integritas para calon.

“BPK haruslah (beranggotakan) orang yang memiliki integritas tinggi, itu harus jadi prioritas. Salah satu alat untuk menilai integritas itu dilihat dari transaksinya, meskipun bukan satu-satunya. Kalau transaksinya mencurigakan, seharusnya jangan dipilih, ” kata Agus kepada Katadata, Jumat (16/9).

Agus mengatakan institusinya bisa menyediakan data rekam jejak (track record) keuangan masing-masing calon anggota BPK, sebagai bahan pertimbangan Komisi Keuangan DPR. Ini seperti yang terjadi dalam pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Komisi yang sama.

Saat ini, PPATK dalam posisi menunggu permintaan dari Komisi Keuangan. Sebab, lembaga ini hanya bisa terlibat jika diminta. “Bagusnya, untuk pejabat publik (dimintakan), ” ujarnya. (Baca juga: Penjaga …

Selengkapnya : PPATK Minta Dilibatkan dalam Proses Seleksi Anggota BPK