PPATK Lima Negara Buru Pejabat di Panama Papers

This item was filled under [ Info bisnis ]

Diskusi Panama Papers

Dokumen Panama Papers terus menjadi sorotan publik sejak Konsorium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) membukanya pada awal bulan ini. Yang paling membetot perhatian yakni bila nama-nama dari bocoran data firma hukum Mossack Fonseca, Panama itu menyangkut pejabat publik di penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Tak hanya media dan sejumlah lembaga swadaya masyarakat yang mengawal kasus ini, pemerintah pun aktif meresponsnya. Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan membentuk satuan tugas untuk menelisik keterkaitan nama-nama dalam dokumen tersebut, terutama yang berhubungan dengan pembayaran pajak. Terakhir, Direktorat Pajak memanggil Harry Azhar Azis. Ketua Badan Pemeriksa Keuangan itu diminta memberi keterangan atas Sheng Yue International Limited, perusahaan milikinya yang terdaftar di British Virgin Island.  (Baca: Masuk Panama Papers, Ketua BPK: Diminta Anak Buat Perusahaan).

Panama Papers pun menjadi perhatian istana. Pekan lalu, Kantor Staf Presiden mengumpulkan pemimpin penegak hukum, seperti Kejaksaan Agung, Kepolisian, dan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk membahas  masalah tersebut. Bahkan, sehari setelah dokumen tersebut menyebar ke …

Selengkapnya : PPATK Lima Negara Buru Pejabat di Panama Papers