PLN Ubah Syarat, Pertamina Ancam Mundur dari Proyek Listrik Jawa 1

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pembangkit Listrik

PT Pertamina (Persero) mengancam mundur dari proses tender proyek pembangkit listrik Jawa 1. Penyebabnya,  PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengubah ketentuan persyaratan lelang proyek tersebut.

Ketua Konsorsium Pertamina untuk Proyek Jawa 1 Ginanjar mengatakan, pada awal dibukanya lelang Mei 2015, PLN mewajibkan peserta lelang memiliki gas sendiri untuk memasok pembangkit tersebut. Ketersediaan gas ini merupakan komponen penting untuk menjamin berjalannya proyek tersebut. (Baca: PLN Serahkan Revisi RUPTL di Tenggat Akhir)

Berdasarkan persyaratan itu, Pertamina mencari mitra yang kuat untuk memasok gas. Pada April lalu, masuklah Total Gas&Power sebagai mitra konsorsiumnya. Total dinilai mampu memperkuat dan mengatur pasokan gas. Sebelumnya, Pertamina sudah bermitra juga dengan Marubeni.

Tapi, pada Mei ini atau dua bulan sebelum pengumuman pemenang lelang Proyek Jawa 1 pada Juli mendatang, PLN mengubah ketentuan tersebut. Ginanjar menyebut, PLN membuat aturan baru yaitu peserta lelang yang menang harus menggunakan gas dari Lapangan Tangguh di Teluk Bintuni, Papua, sebagai …

Selengkapnya : PLN Ubah Syarat, Pertamina Ancam Mundur dari Proyek Listrik Jawa 1