PLN Tunjuk Indonesia Power Garap Pembangkit Jawa 5

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLTU Suralaya

PT Perusahaan Listrik Negara menunjuk langsung PT Indonesia Power untuk menggarap pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jawa 5. Langkah ini untuk mempercepat pengerjaan proyek tersebut.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan penunjukan langsung melalui mekanisme kerja sama penyediaan tenaga listrik dengan pengembang listrik swasta. Padahal, jika mengacu Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016 — 2025, proyek yang masuk dalam program 35.000 Mega Watt (MW) merupakan jatah pengembang listrik swasta (IPP).

Tapi, menurut Sofyan, Indonesia Power yang juga anak usaha PLN juga merupakan perusahaan swasta. “Ini penunjukkan langsung, ” kata dia di Gedung DPR Jakarta, Kamis, 1 September 2016. (Baca: Batalkan Lelang, PLN Garap Sendiri Pembangkit Jawa 5).

Sofyan mengatakan kontrak jual beli listrik PLTU Jawa 5 akan ditandatangani pada tahun ini agar dapat beroperasi secara komersial pada 2019. Untuk menopang pembiayaannya, proyek senilai US$ 3 miliar atau sekitar Rp 30 triliun bisa menggunakan kredit ekspor.

Selengkapnya : PLN Tunjuk Indonesia Power Garap Pembangkit Jawa 5