PLN Isyaratkan Tarif Listrik Naik Lagi Bulan Juni

This item was filled under [ Info bisnis ]

PLN

Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengisyaratkan menaikkan kembali tarif dasar listrik (TDL) mulai awal Juni nanti. Kenaikan tarif ini berlaku pada 12 golongan pelanggan yang tidak mendapatkan subsidi tarif listrik dari pemerintah. Alasannya, nilai tukar rupiah cenderung melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam sebulan terakhir ini.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, secara umum ada tiga indikator yang menentukan tarif listrik. Yaitu harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude oil Price (ICP), angka inflasi dan nilai tukar rupiah. Dari ketiga indikator tersebut, nilai rupiah menjadi faktor dominan dalam menentukan tarif listrik.

“Kurs yang berpengaruh. (Karena) Independent Power Producer (pembangkit listrik swasta) kami bayarnya pakai dolar, ” ujar Sofyan di kantor pusat PLN, Jakarta, Senin (30/5).

Jika melihat pergerakan rupiah dalam sebulan terakhir, memang menunjukkan tren pelemahan. Pada perdagangan di pasar spot, Senin ini, rupiah ditutup di posisi 13.640 per dolar AS. Padahal, pada awal Mei lalu, rupiah masih bertengger di …

Selengkapnya : PLN Isyaratkan Tarif Listrik Naik Lagi Bulan Juni