Perundingan Perdagangan Bebas Eropa Rampung, RI Bersiap Genjot Ekspor

This item was filled under [ Info bisnis ]

Peti Kemas Ekspor

Pemerintah Indonesia bersama empat negara yang tergabung dalam European Free Trade Association (EFTA), yaitu yaitu Swiss, Liechtenstein, Islandia, dan Norwegia telah menyelesaikan perundingan Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA). Pemerintah berharap, perjanjian kemitraan IE-CEPA akan mendorong semakin terbukanya akses pasar  Indonesia di Eropa yang diikuti peningkatan ekspor barang maupun jasa.

“Selesainya IE-CEPA merupakan capaian besar bagi kedua pihak, karena artinya Indonesia akan memiliki kesempatan lebih luas memasuki pasar EFTA yang memiliki kemitraan European Economic Area (EEA) dengan Uni Eropa. Akses pasar ke EFTA akan menjadi jembatan menuju pasar Uni Eropa yg lebih luas, ” ujar Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dalam keterangan resmi.

Menurutnya, perjanjian kemitraan IE-CEPA akan mendorong pembukaan akses pasar yang lebih luas, peningkatan ekspor barang dan jasa, menarik investasi, dan program-program kerja sama yang akan didapatkan dari negara-negara anggota EFTA. (Baca: Mendag Percepat Perundingan Perjanjian Dagang Kawasan Bebas Eropa)

Sebab, selain dapat memasarkan produk Indonesia ke …

Selengkapnya : Perundingan Perdagangan Bebas Eropa Rampung, RI Bersiap Genjot Ekspor