Pertemuan G 20, Ekonomi Indonesia Membaik di Tengah Pelambatan Dunia

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertumbuhan EkonomI

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo membawa cerita sendu dari pertemuan negara-negara dengan perekonomian besar yang tergabung dalam G 20. Selama dua hari pada pekan lalu, mereka membahas perkembangan ekonomi dunia bersama Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington DC, Amerika Serikat.

Menurut Agus, dalam satu pertemuan spring meeting,  para pejabat dunia mengungkapkan kekecewaannya dengan perkembangan ekonomi global yang masih melambat. Apalagi IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia dari 3, 4 persen menjadi 3, 2 persen. Hal itu dipicu oleh harga komoditas yang masih rendah. Begitu pula dengan harga minyak mentah yang terus melemah sehingga ada ancaman deflasi di berbagai belahan dunia.

Oleh karenanya, negara-negara G20 sepakat menjalankan reformasi struktural, termasuk Indonesia. Dan di tengah situasi seperti itu, Agus meyakinkan bahwa ekonomi Indonesia lebih baik dibanding negara lain. Sebagai indikator yakni peran pemerintah membangun infrastruktur dan masuknya dana asing (capital inflow) dalam jumlah besar. (Indonesia Pimpin Pertumbuhan Ekonomi …

Selengkapnya : Pertemuan G 20, Ekonomi Indonesia Membaik di Tengah Pelambatan Dunia