Pertamina Siap Beli Saham Milik Publik PGN

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pertamina

PT Pertamina (Persero) siap membeli saham milik publik yang ada di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN). Hal ini dilakukan untuk memuluskan proses pembentukan induk usaha atau holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan proses holding dengan PGN memang bisa mempengaruhi persepsi para pemegang sahamnya. Tapi, perusahaan gas tersebut tidak perlu khawatir dengan kebijakan tersebut. “Kalau ada persepsi negatif sehingga pemegang saham publik melepas sahamnya, kami akan beli, ” kata dia akhir pekan lalu.

Mengenai dana yang dibutuhkan untuk melakukan pembelian saham publik tersebut, Dwi masih belum bisa menyebutkan. Yang jelas, jika memang Pertamina harus membeli saham tersebut maka akan ada pembicaraan dengan PGN mengenai harganya. Harga tersebut tergantung kesepakatan antara Pertamina dengan PGN.

Saat ini 43 saham PGN dimiliki oleh publik, dan sisanya pemerintah. Jika mengacu nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp 62, 18 triliun, maka nilai kepemilikan saham publik tersebut sekitar Rp 26, …

Selengkapnya : Pertamina Siap Beli Saham Milik Publik PGN