Pertamina Klaim Dapat Penugasan Garap Kilang Bontang

This item was filled under [ Info bisnis ]

Kilang Minyak

PT Pertamina (Persero) mengklaim telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membangun kilang minyak baru di Bontang, Kalimantan Timur. Padahal, pembangunan kilang ini semula menggunakan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU).

Menurut Direktur Megaproyek dan Petrokimia Pertamina Rachmad Hardadi, skema KPBU tersebut sekarang berubah menjadi penugasan kepada Pertamina. Namun, keputusan tersebut baru diperoleh dari Kementerian ESDM secara lisan. “Sejak dua hari lalu, kami menanti surat resmi, ” kata dia di Jakarta, Selasa (8/11).

(Baca: Kementerian Energi Buka Opsi Swasta Garap Kilang Bontang)

Setelah mendapatkan penugasan tersebut, Pertamina segera mencari mitra untuk menggarap Kilang Bontang melalui proses seleksi atau beauty contest. Rachmad tidak menutup kemungkinan menawarkan proyek ini kepada mitra yang sebelumnya mengikuti seleksi pembangunan Kilang Tuban.

Sekadar informasi, peserta tender Kilang Tuban saat itu adalah Rosneft asal Rusia, Saudi Aramco, Sinopec, Kuwait Petroleum Inc (Kupec), Thai Oil Thailand dan …

Selengkapnya : Pertamina Klaim Dapat Penugasan Garap Kilang Bontang