Pertamina Kalah, Investor Turki Gaet Blok Panas Bumi di Sumatera Barat

This item was filled under [ Info bisnis ]

Panas Bumi Geothermal

Pemerintah mengumumkan pemenang tender Wilayah Kerja (WK) Panas Bumi Gunung Talang-Bukit Kili. Konsorsium perusahaan asal Turki PT Hitay Daya Energy dan PT Dyfco Energy resmi memenangkan wilayah kerja seluas 27 ribu hektare di Sumatera Barat.

Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yunus Saefulhak mengatakan, konsorsium ini terpilih dari beberapa perusahaan peserta lelang. Salah satu perusahaan yang mengikuti lelang tersebut adalah PT Pertamina (Persero).

Pertamina mengikuti lelang ini hingga ke tahap prakualifikasi. Namun, konsorsium perusahaan Turki ini bisa memenangkan tender tersebut, karena unggul dalam penawaran komitmen eksplorasi. Konsorsium ini juga menawarkan harga jual panas bumi dengan harga terendah.

(Baca: Cadangan Minyak Habis 12 Tahun Lagi, Pemerintah Fokus Energi Baru)

Yunus menjelaskan Pertamina hanya mampu mengajukan penawaran harga US$ 13 sen per kilowatt jam (kWh). Sementara konsorsium PT Hitay Daya Energy dan PT Dyfco Energy mengajukan penawaran lebih rendah, yakni US$ 12, 75 sen …

Selengkapnya : Pertamina Kalah, Investor Turki Gaet Blok Panas Bumi di Sumatera Barat