Pertamina Jajaki Lagi Beli Minyak dari Empat KKKS Besar

This item was filled under [ Info bisnis ]

Migas

PT Pertamina (Persero) akan menjajaki lagi pembelian minyak mentah dari perusahaan dagang kepanjangan tangan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) minyak dan gas bumi (migas) besar di Indonesia. Rencana ini menyusul terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 34/PMK.010/2017 tentang Pajak Penghasilan Pasal 22 pembayaran barang impor.

Dalam aturan itu, Kementerian Keuangan membebaskan PPh Pasal 22 bagi pembelian minyak atau gas bumi yang berasal dari distributor (trading arms) milik kontraktor  yang melakukan eksplorasi dan eksploitasi berdasarkan kontrak kerja sama di Indonesia. PPh Pasal 22 ini merupakan pajak yang dikenakan kepada badan usaha yang melakukan kegiatan ekspor, impor dan re-impor.

Manajemen Pertamina menyambut baik terbitnya peraturan menteri keuangan tersebut. Sebab, selama ini, Pertamina kesulitan membeli minyak jatah kontraktor migas yang beroperasi di dalam negeri. (Baca: Beli Minyak Chevron dan ExxonMobil, Pertamina Minta Bebas Pajak)

Pangkal soalnya, sebagian besar jatah minyak mentah tersebut dijual KKKS melalui pihak ketiga di luar negeri. Hal ini sesuai …

Selengkapnya : Pertamina Jajaki Lagi Beli Minyak dari Empat KKKS Besar