Penulis NKCTHI Marchella FP Keluhkan Pembajakan di Dunia Literatur

This item was filled under [ Info bisnis ]

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)

Pembajakan masih menjadi masalah besar bagi pelaku industri kreatif. Tak hanya  mengembangkan kapasitas dan kualitas karyanya, para pelaku industri kreatif juga harus turut meningkatkan literasi masyarakat agar mereka berhenti membeli produk bajakan.

Marchella Febritrisia Putri, penulis buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI), menyatakan pembajakan menghambat motivasi para pelaku kreatif. “Banyak teman-teman yang berhenti menciptakan karya karena tidak dapat apresiasi, ” kata Marchella kepada Katadata.co.id di Jakarta, Kamis (2/5) lalu.

Dia menjelaskan, pekerja kreatif juga butuh penghasilan dari karya yang mereka hasilkan. Sementara, beredarnya produk bajakan akan mengurangi pendapatan sang kreator.

Menurut Marchella, buku NKCTHI telah dibajak dalam jumlah yang besar. Dia sendiri melihat karyanya dijual secara ilegal di toko buku tak resmi atau lewat e-commerce. Secara resmi, buku kedua Marchella itu telah terjual mencapai 130 ribu eksemplar sejak diterbitkan oleh Gramedia pada tahun lalu.

Dia kemudian mengakali maraknya pembajakan itu dengan mencetak buku versi panjang serta menerbitkan edisi kolektor dengan empat …

Selengkapnya : Penulis NKCTHI Marchella FP Keluhkan Pembajakan di Dunia Literatur