Pengeboran Sumur Blok South A Terhenti Akibat Gempa Aceh

This item was filled under [ Info bisnis ]

Sumur Minyak

Gempa bumi yang melanda Pidie Jaya, Provinsi Aceh, Rabu (7/12) pagi lalu, ternyata telah mengganggu proses operasional Blok South A. Satu unit rig pengeboran sumur eksplorasi di blok yang dioperatori oleh Renco Elang Energy (REE) ini berhenti beroperasi sementara waktu.

Kepala Badan Pengelola Minyak dan Gas Bumi Aceh (BPMA) Marzuki Daham mengatakan, awalnya REE akan melakukan pengeboran sumur pada 1 Desember lalu. Sebelum memulai pengeboran, sebenarnya sudah dilakukan pengecekan alat-alat oleh tim Direktorat Jenderal Migas Kementerian Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Namun, saat inspeksi selesai dan sumur eksplorasi akan mulai dibor pada 7 Desember lalu,   terjadi guncangan. Akibatnya, posisi rig sedikit miring sehingga tidak memenuhi syarat pengeboran. “Sedikit pun tidak boleh miring kalau mengebor, ” kata dia kepada Katadata, Jumat (9/12).

Kondisi tersebut  diperparah dengan cuaca saat ini di Aceh. Apabila hujan turun cukup deras maka membuat perbaikan rig terganggu. (Baca: Pengeboran Sumur Blok South A Terhenti Akibat Gempa Aceh