Pengangguran Terbanyak Lulusan Sekolah Kejuruan dan Diploma

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pencari kerja

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah penduduk yang bekerja pada Februari 2016 turun sebanyak 200 ribu orang dibandingkan Februari tahun lalu. Dalam rentang waktu yang sama, jumlah penganggur juga berkurang 430 ribu orang. Alhasil, tingkat pengangguran terbuka (TPT) menyusut 0, 31 persen. Tingkat penganggur tertinggi merupakan lulusan pendidikan sekolah kejuruan dan diploma.

Tingkat pengangguran terbuka pada Februari 2016 sebesar 5, 50 persen. Artinya, dari 100 angkatan kerja, terdapat sekitar 5 hingga 6 orang penganggur. Dilihat dari tingkat pendidikan, TPT untuk pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) menduduki posisi tertinggi sebesar 9, 84 persen, disusul oleh TPT Diploma I/II/III sebesar 7, 22 persen. Dengan kata lain, 9 hingga 10 orang lulusan SMK saat ini menganggur.

“Lulusan SMK ini miss match (tidak sesuai) dengan kebutuhan perusahaan, ” kata Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Sairi Hasbullah dalam konferensi pers BPS di Jakarta, Rabu (4/5). Artinya, pendidikan keterampilan di SMK belum tentu sesuai dengan kebutuhan …

Selengkapnya : Pengangguran Terbanyak Lulusan Sekolah Kejuruan dan Diploma