Penangkal Penghindar Pajak Aktif, Banyak Perusahaan Naikkan Harga

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pelabuhan Tanjung Priok

Negara-negara dengan ekonomi besar yang tergabung dalam G-20 dan OECD akan menerapkan Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) Project. Karena sistem penangkal penghindaran pajak ini, sejumlah perusahaan berpotensi menaikkan harga produksi untuk merespons beban pajak.

Data konsultan pajak internasional, RSM Indonesia, menyebutkan hanya 8, 3 persen perusahaan yang dipredksi tidak menaikkan harga. Sementara 34, 1 persen perusahaan akan menaikkan harga 10 persen hingga 24 persen. Adapun sisanya, akan menaikkan harga dengan kisaran 25 persen hingga 50 persen. (Baca: Penghindaran Pajak, Kapolri: Banyak Pengusaha Bandel!).

Managing Partner Governance Risk Control Advisory RSM Indonesia Angela Simanjuntak mengatakan mayoritas korporasi tersebut adalah perusahaan besar dengan revenue US$ 5 juta hingga US$ 1 miliar. Menurut dia, sebenarnya perusahaan tersebut bukan berniat mengemplang pajak. Namun banyak perusahaan yang disurvei masih belum memahami aturan pajak.

Mereka berhitung apabila beberapa peraturan pajak cukup ketat maka otomatis harus melakukan efisiensi dengan menaikkan harga. “Akhirnya banyak yang …

Selengkapnya : Penangkal Penghindar Pajak Aktif, Banyak Perusahaan Naikkan Harga