Pemerintah Siap Rampungkan Ketentuan Perjanjian Dagang Uni Eropa

This item was filled under [ Info bisnis ]

Pelabuhan Tanjung Priok

Sejumlah Menteri hari ini melakukan rapat koordinasi di kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. Rapat ini membahas beberapa ketentuan dasar sebagai awal dimulainya negosiasi perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa atau Indonesia–European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

Darmin mengatakan saat ini pemerintah sedang mematangkan ketentuan dasar (scoping paper) yang akan menjadi landasan penyusunan perjanjian dagang tersebut. Ada beberapa hal yang menjadi poin krusial dalam pembahasan negosiasi perjanjian perdagangan bebas ini. Diantaranya lingkup dan sektor yang akan masuk dalam kerjasama dan jangka waktu yang dibutuhkan untuk penyesuaian perjanjian.

“Nantinya ini akan menjadi kerangka perundingan, ” kata Darmin usai rakor tersebut, Selasa (12/4). Ketentuan ini merupakan visi Indonesia untuk memasuki perundingan perjanjian perdagangan dengan Uni Eropa. (Baca: Negosiasi Perdagangan Bebas dengan Uni Eropa Akan Rampung Tahun Ini)

Di tempat yang sama, Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong mencatat ada 12 ketentuan dasar yang harus disepakati bersama di tingkat kementerian. Ketentuan ini menjadi bekal bagi …

Selengkapnya : Pemerintah Siap Rampungkan Ketentuan Perjanjian Dagang Uni Eropa