Pemerintah Masih Tunggu Pengajuan Perpanjangan Kontrak Blok Migas

This item was filled under [ Info bisnis ]

Migas

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menunggu kontraktor minyak dan gas bumi (migas) untuk mengajukan perpanjangan kontrak wilayah kerjanya. Saat ini, ada delapan blok migas yang masa kontraknya akan berakhir.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja mengatakan, sejumlah kontraktor dari delapan blok migas tersebut telah mengajukan perpanjangan kontrak. Sebaliknya, ada juga kontraktor kontrak kerjasama (KKKS) yang mengatakan tidak akan meneruskan kontraknya. Namun, dia tidak merinci jumlah para kontraktor itu. “Kami akan memberikan waktu yang cukup kepada kontraktor untuk mengajukan proposalnya, ” kata dia kepada Katadata, Senin (11/4).

Mengacu Peraturan Menteri ESDM Nomor 15 tahun 2015 tentang pengelolaan wilayah kerja minyak dan gas bumi yang akan berakhir masa kontraknya, permohonan perpanjangan kontrak kerjasama disampaikan paling cepat 10 tahun dan paling lambat dua tahun sebelum masa kontraknya berakhir. Jika sampai batas waktu tersebut kontraktor tidak mengajukan permohonan perpanjangan maka dianggap tidak berminat memperpanjang pengelolaan blok itu.

(Baca: Pemerintah Masih Tunggu Pengajuan Perpanjangan Kontrak Blok Migas