Pemerintah: Defisit Transaksi Berjalan Melebar Seiring Ekonomi Tumbuh

This item was filled under [ Info bisnis ]

Infrastruktur

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan membengkaknya defisit transaksi berjalan pada kuartal III sejalan dengan capaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal yang sama.

“Pertumbuhan ekonomi yang terus berlangsung, terakhir 5, 17% (kuartal III), itu mendorong impor yang juga meningkat, ” kata dia di sela-sela Seminar Indonesia Economic Outlook 2019 di Universitas Indonesia, Depok, Senin (12/11).

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi tersebut dicapai seiring pembangunan infrastruktur yang terus berjalan. Sementara banyak bahan baku untuk pembangunan infrastruktur berasal dari impor. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab defisit transaksi berjalan.

(Baca juga: Terbesar di Era Jokowi, Defisit Transaksi Berjalan 3, 37% dari PDB)

Defisit transaksi berjalan menunjukkan nilai impor barang dan jasa lebih tinggi dari nilai ekspornya. Kondisi tersebut mencerminkan kebutuhan valuta asing (valas) untuk impor lebih besar dibandingkan pasokan valas dari ekspor.

Seiring kondisi tersebut, pasokan valas Indonesia jadi bergantung pada investasi asing, termasuk investasi jangka pendek ke …

Selengkapnya : Pemerintah: Defisit Transaksi Berjalan Melebar Seiring Ekonomi Tumbuh