Pemerintah Akan Andalkan Dana Desa Bangun Infrastruktur

This item was filled under [ Info bisnis ]

Desa

Proyek infrastruktur terus digenjot. Tak hanya tahun ini, juga tahun depan. Untuk menyisati kebutuhan anggarannya, pemerintah akan mengandalkan dana desa sebagai alternatif pembangunan infrastruktur pada tahun depan. Hal ini seiring kenaikan anggaran dana desa yang cukup signifikan pada 2017.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil mengatakan anggaran dana desa pada tahun depan Rp 68, 2 hingga 75, 9 triliun. Jumlah ini naik dari pagu APBN 2016 yang sebesar Rp 47 triliun. Dana tersebut akan menjadi alternatif biaya pembangunan sehingga tidak hanya mengandalkan anggaran Kementerian dan Lembaga. “Bahkan tahun depannya lagi bisa capai Rp 100 triliun, ” kata Sofyan di Gedung Bappenas, Jakarta, Rabu, 13 April 2016.

Menurutnya, pemerintah pada tahun depan tetap akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Pembangunan juga akan diarahkan untuk mengatasi kesenjangan antarwilayah, terutama yang berada di luar Pulau Jawa. Dalam sasaran pembangunan 2017, pemerintah menargetkan sejumlah sasaran, di antaranya menurunkan jumlah desa tertinggal sebanyak 1.500 desa. …

Selengkapnya : Pemerintah Akan Andalkan Dana Desa Bangun Infrastruktur