Panama Papers Guncang Dunia

This item was filled under [ Info bisnis ]

Panama Papers Guncang Dunia

Jutaan dokumen finansial perusahaan bayangan yang didirikan di negara suaka pajak (tax haven) bocor. Dokumen yang disebut Panama Papers itu mengungkap pemilik perusahaan di 21 wilayah seperti Nevada, Singapura, sampai British Virgin Islands. Data yang bocor meliputi email, tabel keuangan, paspor, dan catatan pendirian perusahaan sejak 1977.

Panama Papers berasal dari bocoran data Mossack Fonseca, firma hukum asal Panama, yang diperoleh surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitun. Laporan ini diteruskan ke Konsorsium Internasional Wartawan Investigasi (ICIJ) yang kemudian diverifikasi oleh ratusan wartawan di 76 negara selama setahun.

Mossack Fonseca merupakan firma hukum berpengaruh di Panama, dan memiliki puluhan kantor cabang di seluruh dunia. Firma ini dikenal sebagai salah satu pembuat perusahaan cangkang (sell companies) terbaik di dunia. Perusahaan cangkang atau bayangan adalah institusi yang digunakan untuk menyembunyikan kepemilikan aset perusahaan.

Jasa yang ditawarkan sesungguhnya tidak ilegal selama digunakan oleh warga negara yang tidak memiliki masalah hukum. Namun, kerap kali penyedia jasa …

Selengkapnya : Panama Papers Guncang Dunia