Panama Papers Dorong Negara Maju Waspadai Kejahatan Pajak

This item was filled under [ Info bisnis ]

Panama Papers

Heboh dokumen Panama Papers telah mendorong negara-negara maju di seluruh dunia untuk lebih peduli terhadap praktik kejahatan pajak internasional. Meski sebelumnya tak diagendakan, persoalan ini pun menjadi salah satu pokok bahasan dalam pertemuan musim semi para menteri keuangan dan gubernur bank sentral anggota Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) di Washington D.C., Amerika Serikat, awal pekan ini.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara menyatakan, Panama Papers telah membuka mata para pemimpin negara-negara maju bahwa transaksi keuangan internasional sangat memungkinkan disalahgunakan untuk menghindari pajak dan menyembunyikan identitas para pelakunya. Hal tersebut sebenarnya telah menjadi kehawatiran banyak negara sejak lima tahun lalu.

Karena itulah, kelompok negara-negara G-20 memanfaatkan momen pertemuan musim semi tersebut untuk membahas perkembangan implementasi Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) dan Automatic Exchange of Information (AEoI).

(Baca: Masuk Panama Papers, Ketua BPK: Diminta Anak Buat Perusahaan)

Sekadar informasi, BEPS adalah strategi perencanaan pajak (tax …

Selengkapnya : Panama Papers Dorong Negara Maju Waspadai Kejahatan Pajak